SEJARAH BUNGA MELATI

Melati merupakan tanaman bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun. Di Indonesia, salah satu jenis melati dijadikan sebagai “puspa bangsa” atau simbol nasional yaitu melati putih (Jasminum sambac), karena bunga putih kecil yang harum ini melambangkan kesucian dan kemurnian, serta dikaitkan dengan berbagai tradisi dari banyak suku di negara ini. Bunga ini merupakan suatu keharusan hiasan rambut pengantin dalam upacara perkawinan berbagai suku di Indonesia, terutama suku Jawa dan Sunda. Jenis lain yang juga populer adalah melati gambir (J. officinale). 


Di Indonesia nama melati dikenal oleh masyarakat di seluruh wilayah Nusantara. Nama-nama daerah untuk melati adalah Menuh (Bali), Meulu atau Riwat(Aceh)Menyuru (Banda), Melur (Gayo dan Batak Karo), Manduru (Menado), Mundu (Bima dan Sumbawa) dan Manyora (Timor), Melati Salam (UMI), Malete (Madura) serta Beruq-beruq(Mandar). 
Di Italiamelati casablanca (Jasminum officinalle), yang disebut Spanish Jasmine ditanam tahun 1692 untuk dijadikan parfum. Tahun 1665 di Inggris dibudidayakan melati putih (J. sambac) yang diperkenalkan oleh Duke Casimo de Medici. Dalam tahun 1919 ditemukan melati J. parkeridi kawasan India Barat Laut yang kemudian dibudidayakan di Inggris pada tahun 1923.
Bunga melati berwarna putih dan mengeluarkan aroma wangi,berbentuk majemuk, ibu tangkai bunga yang keluar dari ketiak daun. Susunan bunganya menyirip dan berhadapan, pada 7 mahkota berlapis-lapis ini akan berbentuk datar sehingga pada bunga jenis ini tidak ditemukan kelopak bunga.

JENIS-JENIS MELATI 
Jenis, varietas dan ciri-ciri penting (karakteristik) tanaman melati adalah sebagai berikut:
  • Jasminum sambac Air (melati putih, puspa bangsa)
  • Jasminum multiflorum Andr. (melati hutan: gambir, poncosudo, ‘Star Jasmine’, J. pubescens Willd.).
  • Jasminum officinale (melati casablanca, Spanish Jasmine) sinonim dengan J. floribundum = Jasmine grandiflorum). Perdu setinggi 1,5 meter.
  • Jasminum rex – Melati Raja King Jasmine).
  • Jasminum parkeri Dunn. (melati pot).
  • Jasminum mensyi (Jasminum primulinum, melati Primrose).
  • Jasminum revolutum Sims. (Melati Italia)
  • Jasminum simplicifolium (Melati Australia, J. volibile, melati Bintang). Melati hibrida. Bunga berwarna merah muda dan harum.
Adapun jenis dan varietes Melati yang ada di Pulau Jawa antara lain:
  • Jasminum sambac (Melati Putih), antara lain varietas: ‘Maid of Orleans’, ‘Grand Duke of Tuscany’, menur dan ‘Rose Pikeke’
  • Jasminum multiflorum (‘Star Jasmine’)
  • Jasminum officinale (gambir)

Kegunaan lain Bunga Melati

Jika Bunga melati digunakan Sebagai hadiah, dapat diberikan dalam berbagai cara, menandakan berbagai makna.

Di Cina bunga melati dianggap lambang ideal untuk sisi feminin. Di daerah lain bunga ini diperkirakan untuk menunjukkan kasih sayang dan kemesraan, serta sensualitas dan keceriaan. Banyak orang menggunakan melati sebagai simbol bentuk kasih sayang untuk orang yang anda sayangi, tetapi aroma bunga ini juga disukai burung hantu, karena beberapa jenis bunga ini cenderung digunakan untuk upacara mistis.

Bunga melati juga dengan mudah ditanam di dalam ruangan,atau di taman perkarangan rumah, atau hanya dipotong bunganya dalam keadaan fresh lalu ditata dalam pot untuk diletakkan didalam rumah maupun didalam kamar.

Komentar

Postingan Populer