MANFAAT BUNGA MELATI

Bunga jasmine sering ditanam oleh banyak orang sebagai tanaman hias, yang akan menambah keindahan suasana. Sedangkan untuk pengobatan, kembang melati berkontribusi cukup besar disebabkan zat penting yang ada di dalamnya. Beberapa zat kimia yang terdapat dalam bunga ini seperti minyak eteris, jasmon, livalylacetaat, indole, asetat benzilic, dan lain-lain.  Manfaat bunga melati sudah dikenal oleh banyak masyarakat dari berabad-abad lalu sebagai obat herbal khususnya di wilayah Mediterania. Bunga melati sering ditambahkan ke dalam ramuan teh, sehingga terkadang ada teh campuran melati atau jasmine tea. Melati memiliki beberapa kandungan atau zat yang ketika dikonsumsi dapat menambah kecantikan maupun mengatasi masalah kesehatan. 

Beberapa manfaat dari bunga melati yang wajib anda tahu:

  1. Mengurangi Jerawat dan Mempercantik Wajah


Secara tidak sadar, terkadang tubuh terkena racun, baik dari udara maupun makanan yang kita konsumsi. Racun tersebut dapat mengendap di dalam tubuh dan menimbulkan beberapa masalah kesehatan maupun kecantikan. Memakan bunga melati dapat mengeluarkan racun dalam tubuh. Racun racun dalam tubuh tersebut dapat menjadi penyebab timbulnya masalah jerawat pada wajah. Selain itu, mengkonsumsi bunga melati yang dijadikan teh, dapat membantu mencegah serangan radikal bebas pada wajah sehingga dapat menjadikan kulit tetap lembab dan terhindar dari timbulnya kerutan pada wajah. Hal ini dapat menjadikan wajah tetap cantik awet muda karena terhindar dari penuaan dini.
2.  Menurunkan berat badan berlebih
 Untuk menunjang program diet anda, kembang melati dapat menjadi solusi tepat. Seduh bunganya bersama teh hijau ke dalam secangkir air panas. Sebagaimana diketahui, teh hijau kaya akan antioksidan. Campuran ini mengandung epigallocatechin gallate, yang mampu meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh anda. 
3. Mengobati Sesak Nafas
Bunga melati dipercaya dapat mengobati sesak nafas. Caranya sangat mudah yaitu:
  • Rebus 20 lembar bunga melati, garam, dan 3 gelas air secara bersamaan
  • Tunggu hingga rebusan air hanya tersisa untuk dua gelas
  • Sesudah air rebusan dingin, saringlah air rebusan bunga melati tersebut dan minum
  • Lakukan ini dua kali sehari yaitu saat pagi dan sore
4. Mengobati Demam dan Sakit Kepala
Saat anda atau anggota keluarga mengalami demam yang tinggi jangan panik namun segeralah mencari bunga melati untuk membuat obat herbal. Cara:
  • Siapkan segenggam bunga melati
  • Remas-remas bunga melati hingga agak hancur dan rendam dalam air
  • Air bunga melati kemudian digunakan untuk mengompres dahi
Selain Bunga Melati banyak obat herbal lainnya yang dapat anda coba untuk mengobati demam, 
5. Mengobati Sengatan Lebah atau Serangga
Dengan menggunakan bunga melati sengatan lebah yang sangat beracun dapat anda sembuhkan, cara:
  • Siapkan segenggam bunga melati dan remas-remas hingga halus
  • Tempelkan bunga melati yang sudah halus ke bagian tubuh yang tersengat lebah atau serangga
6. Mengobati Sakit Mata
Sakit mata seperti iritasi ataupun keluarnya belek terus menerus dari mata dapat diobati dengan melati, cara:
  • Siapkan segenggam bunga melati dan remas-remas hingga halus
  • Tempelkan di dahi diatas mata
  • Apabila bunga melati sudah kering segera ganti dengan yang baru
7. Mengatasi rambut rontok

 Kerontokan pada rambut secara terus-menerus dapat menyebabkan kebotakan. Pastinya anda tidak ingin mengalaminya, bukan? Nah, atasi dengan paduan bahan alami. Sediakan 15 kuntum bunga jasmine, 2 lembar pandan wangi, 2 kuntum mawar, 5 helai daun mangkokan, 7 lembar daun urang aring, 10 gram biji kemiri, 50 ml minyak wijen, secangkir minyak kelapa, dan 4 liter air bersih. Tumbuk kemiri dan daun lainnya sampai lembut, potong-potong bunga yang tersedia. Campur minyak wijen dengan minyak kelapa, kemudian panaskan dengan api kecil. Selanjutnya, panaskan semua bahan menggunakan api kecil selama 25 menit. Tunggu airnya dingin, terapkan pada kulit kepala sambil memijatnya dengan lembut. Ulangi perawatan ini sebelum mandi, di pagi dan sore hari. 

8. Melembutkan kulit

 Untuk mengatasi kulit kusam, tidak harus menggunakan krim dengan harga mahal. Tumbuk satu genggam kembang melati, sampai lembut. Campur dengan minyak zaitun, air mawar, madu, dan susu. Terapkan pada kulit anda, sambil dipijat secara lembut selama 15 menit. Perawatan kulit ini berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Bersihkan dengan menggunakan handuk basah. Bilas hingga bersih. Anda bisa menggunakan masker ini 2 hingga 3 kali di dalam 1 minggu.

Selain memiliki bau yang harum dan warna yang cantik, bunga melati ternyata memiliki khasiat yang tak terduga. Banyak dari kita yang masih menggunakan obat yang berbahan dasar kimia untuk menjadi kebutuhan kita. Padahal alam sudah menyediakan banyak sekali tumbuhan yang tak kalah hebatnya dalam menyembuhkan sebuah penyakit


Komentar

Postingan Populer